INFO TERBARU

Recent

Selasa, 29 Desember 2020

Cek Inspirasi Untuk Menu Tahlilan 7 Hari

Cek Inspirasi Untuk Menu Tahlilan 7 Hari

Menu Tahlilan 7 Hari - Tahlilan bagi masyarakat Indonesia pasti suatu hal yang  sudah tidak asing lagi. Karena tahlilan sudah menjadi hal yang biasa di lakukan, khususnya Umat Muslim yang ada di Pulau Jawa. Tahlilan sebenarnya merupakan suatu ritual atau acara yang dilakukan di saat ada seseorang yang meninggal dunia.

Jika ada kerabat atau keluarga yang meninggal dunia biasanya keluarga akan mengadakan pengajian atau tahlilan yang dihadiri oleh beberapa orang seperti keluarga, kerabat, dan juga tetangga sekitar atau yang tinggal dekat dengan rumah duka. 

Kapan Dilaksanakan Tahlilan?

Tahlilan biasanya dilakukan pada saat hari pertama sampai hari ke tujuh yang di lakukan secara berturut – turut, lalu akan dilakukan lagi saat peringatan hari ke 40, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan juga ada yang memperingati 1000 hari kematian dengan mengadakan pengajian tahlilan ini.

Tahlilan sebenarnya sama dengan pengajian – pengajian lainnya, yakni dengan membaca sholawat, membaca ayat – ayat alquran, Surat Yasin dan doa – doa, yang bertujuan untuk mendoakan orang yang telah tiada. Supaya bisa menjadi lebih tenang di alam sana. 

Tahlilan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa di lakukan pada saat malam hari, setelah sholat maghrib atau sehabis sholat isya. 

Hal ini di nilai lebih efektif di lakukan karena pada malam hari pasti orang – orang yang siangnya bekerja pasti sudah pulang, sehingga memungkinkan untuk menghadiri acara pengajian tahlilan tersebut. 

Saat melakukan tahlilan pasti ada salah satu tokoh agama di sekitarnya untuk memimpin berjalannya acara tahlilan ini. 

Jamuan Untuk Tahlilan

Nah saat diadakannya acara pengajian tahlilan ini biasanya si tuan rumah akan menyediakan makanan, minuman, ataupun cemilan yang bisa di nikmati oleh para tamu yang menghadiri acara tahlilan tersebut. 

Biasanya makanannya akan di berikan setelah selesai melakukan pengajian tahlilan untuk di bawa pulang, namun saat di tempat si tuan rumah akan menyediakan cemilan seperti jajanann pasar, kue- kue, dan juga di sediakan minuman seperti teh atau minuman penjamu lainnya. 

Untuk anda yang sedang bingung mencari referensi menu untuk makanan yanga akan di gunakan untuk pengajian tahlilan ada apa saja, anda bisa membaca referensi dari kami, semoga membantu. 

Makanan yang di bawa pulang biasanya merupakan makanan berat seperti nasi kotak ataupun nasi berkat. Menu yang ada di dalamnya biasanya terdapat : 

Menu Tahlilan 7 Hari

Cek Inspirasi Untuk Menu Tahlilan 7 Hari


  • Nasi

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia jadi nasi merupakan makanan wajib yang harus ada di setiap hidangan. Nasi juga merupakan sumber karbohidrat kompleks, dan mengandung gula, sehingga bisa menambah energi bagi orang yang memakannya. 

  • Lauk

Lauk yang di berikan atau yang ada di dalam nasi berkat biasanya ada ayam goreng atau juga telur rebus. Ada juga yang memberikan salah satu di antara keduanya, namun ada juga yang memberikan keduanya. 

  • Sayuran

Untuk sayuran yang di sediakan biasanya ada mie kuning atau bihun yang di oseng, dan ada juga oseng tempe atau kentang balado. 

  • Kerupuk

Kerupuk merupakan lauk pelengkap bagi masyarakat Indonesia, karena kerupuk akan menambah rasa gurih pada makanan dan juga akan menambah tekstur crunchy saat makan. Apalagi di Indonesia banyak sekali macam kerupuk yang enak – enak. Lagian siapa sih orang Indonesia yang tidak suka kerupuk? Bahkan anak kecil pun suka dengan citarasa gurih pada kerupuk. 

  • Lalapan

lalapan yang di sertakan di dalam nasi berkat bukan lalapan seperti yang ada di pecel ayam pinggir jalan, lalapan yang di berikan yakni biasanya ada timun, kecambah, kacang Panjang yang mentah, serundeng kelapa, jengkol, dan juga ada pete. 

Lain lagi dengan cemilan yang di sediakan di tempat, cemilan yang di berikan yakni makanan ringan seperti ada tempe mendoan, bakwan, risol, pastel, atau jenis kue- kue jajanan pasar lainnya untuk di makan di tempat. 

Nah itu dia makanan atau menu makanan yang biasanya ada di acara tahlilan.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes