INFO TERBARU

Recent

Selasa, 22 Juni 2021

Ada Apa Dengan Orang Meninggal Di Hari Kamis?

Ada Apa Dengan Orang Meninggal Di Hari Kamis?

Orang Meninggal Di Hari Kamis – “Tiap tiap yang berjiwa akan merasakan mati.” (QS Ali Imran : 185) ya, di dunia ini tidak ada yang abadi. Manusia dan segala mahluk yang memiliki nyawa di dunia ini akan mengalami kematian cepat ataupun lambat.

Kita sebagai manusia biasa tentu saja tidak memiliki kuasa untuk mengetahui dalam keadaan apa dan kapan waktunya nyawa kita akan dicabut, bisa saja saat sedang bekerja di hari Sabtu, saat bersepeda di hari Minggu atau bahkan sedang upacara di hari Senin. 

Ada orang yang mengatakan semua hari itu sama saja, di dalam Islam ternyata ada hari yang memiliki keistimewaan loh. Salah satunya adalah hari Kamis.

Keistimewaan Hari Kamis dalam Islam

1. Dibukanya pintu surga

Pada hari Kamis dan Senin, orang orang Mukmin akan diampuni dosa dosanya kecuali orang yang menyekutukan Allah SWT. Di dalam hadist shohih Muslim juga menerangkan jika pintu Surga dibuka setiap Senin dan juga Kamis.

2. Amalan akan diangkat dan diperiksa pada hari Senin dan Kamis

Di dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi, Rosul pernah bersabda yang intinya mengenai amalan amalan yang diperiksa setiap hari Senin dan juga Kamis.

3. Rasulluloh suka berpuasa di hari Kamis

Rosululoh SAW sangat antusias dan bersungguh sungguh dalam melakukan puasa di hari Senin dan juga Kamis. Hal ini sudah tertera di Sunan Tirmidzi/III/121-Sunan an-Nasai/IV/202-Sunan Ibnu Majah/I/553-Musnad Imam Ahmad/VI/106.

4. Rasulluloh sering bepergian di hari kamis

Rosulluloh sangat jarang sekali melakukan perjalanan selain di hari Kamis, hal ini bahkan sudah tertera di Hadits Bukhari Kaab bin Malik Radhiyallahu anhu. Sebenarnya sumber yang mengatakan demikian tidak hanya satu saja melainkan ada beberapa.

Nah dari keistimewaan hari senin ini orang mengait ngaitkan dengan orang yang meninggal di hari kamis. Ada orang yang mengatakan jika orang yang meninggal di hari kamis maka akan husnul khotimah, tapi memangnya iya? wallahu a'lam. Berikut ini beberapa tanda tanda kematian yang khusnul khotimah dilansir dari berbagai sumber.

Tanda Orang yang Meninggal Secara Husnul Khatimah

1. Mengucapkan kalimat syahadat sebelum wafat

Syahadat merupakan kalimat tauhid yang harus selalu kita ucapkan sebab merupakan pengakuan kita kepada Allah bahwasannya Allah adalah Tuhan dan Nabi Muhammad SAW adalah Rosul kita. Orang yang sebelum meninggal membaca kalimat syahadat bisa dicirikan sebagai orang yang meninggal dengan cara khusnul khotimah.

2. Mengeluarkan keringat di dahi

Tanda selanjutnya yang “mencirikan” seorang meninggal dengan khusnul khotimah adalah keluarnya keringat sebulir jagung di dahinya.

3. Meninggal pada malam atau siang hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang mulai bagi Umat Islam. Orang yang meninggal pada hari Jumat baik itu malam hari atau siang hari bisa dicirikan sebagai orang yang meninggal secara khusnul khotimah.

4. Meninggal karena penyakit wabah

Orang yang meninggal dikarenakan penyakit wabah juga dapat diindikasikan sebagai orang yang meninggal secara khusnul khotimah. Hal ini dijelaskan juga di dalam HR. Muslim.

5. Syahid di medan perang

Seorang Muslim yang meninggal karena mengikuti perang, maka ia tergolong orang yang mati syahid. Bahkan, dalam mengubur juga harus lengkap dengan pakaian perangnya.

Nah itulah tanda tanda orang yang meninggal secara khusnul khotimah. Sebenarnya ada banyak sekali tanda tandanya yang belum disebutkan.

Orang Meninggal di Hari Kamis

Lalu apa hubungannya dengan orang yang meninggal di hari Kamis? Imam Shadiq As diriwayatkan jika barang siapa yang meninggal di antara Dhuhur hari Kamis hingga hari Jumat maka ia akan terjaga dari azab kubur.

Ada Apa Dengan Orang Meninggal Di Hari Kamis?

Nah orang yang meninggal baik di hari Kamis maupun di hari Jumat sama sama memiliki keistimewaan yakni terhindar dari azab kubur. Sekian pembahasan kali ini semoga kita menjadi salah satu orang yang “siap” menghadapi kematian meskipun tidak ada yang sepenuhnya siap menghadapi kematian.

Mari kita sama sama berbuat kebaikan untuk meraih Surga Allah bersama sama.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes