INFO TERBARU

Recent

Selasa, 06 Juli 2021

Peristiwa Bersejarah Orang yang Meninggal di hari Selasa

Peristiwa Bersejarah Orang yang Meninggal di hari Selasa


Orang Meninggal Di Hari Selasa – Hari Selasa, seperti hal lain dalam seminggu memiliki tempat yang istimewa bagi umat muslim. Mengapa demikian?

Allah menjadikan gunung pada hari Selasa. Menurut bahasa jawa kuno, gunung disebut “Giri”. Fungsi gunung sebagai penopang atau paku bumi. Seperti ulama yang berfungsi sebagai gunung atau paku bumi.
 
Nabi Muhammad wafat pada hari Senin. Para ulama pewaris Nabi kebanyakan meninggal pada hari Selasa. Untuk mengenal Nabi tentu melalui para ulama. Setiap hari selasa Pondok Pesantren Al-Anwar melaksanakan kegiatan ngaji kitab yang berbeda hari-hari biasanya untuk mengganti kegiatan ngaji bandungan. Hal itu dikarenakan untuk mengenang wafatnya para ulama.

Bertepatan pada hari Selasa Pon, 5 Dzulhijjah 1440 H/6 Agustus 2019, M. Syaikho Maimoen Zubair atau yang dikenal dengan nama Mbah Moen wafat di Makkah pada usianya yang menginjak 90 tahun. 

“Seperti yang disebutkan oleh beliau, pembangunan dunia ada dua, yang pertama pada hari Ahad sama Senin. Tahap kedua merupakan penyempurnaan saat bumi disempurnakan dengan ilmu. Oleh sebab itu, munculnya ilmu itu hari Selasa dan Rabu” kata salah seorang putra Mbah Moen Taj Yasin Maimoen.

KH Maimoen Zubair diberitakan wafat pada hari Selasa 6 Agustus 2019 saat melakukan ibadah haji di Tanah Suci. Mbah Moen wafat sesudah melaksanakan sholat Subuh, pada pukul 04.30 waktu setempat di rumah sakit An-Nur Mekkah. Bahkan tidak ada gejala beliau sakit karena malam sebelumnya beliau menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. 

Setelah meninggal di hari yang diinginkan, jenazah almarhum dimakamkan di Al Ma’la Mekah, Arab Saudi. Mbah moen merupakan seorang ulama sekaligus politikus Indonesia. Beliau adalah Pendiri Pondok Pesantren Al-Anwar, yang terletak di Rembang dan menjabat sebagai Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan hingga ia wafat.

Beliau pernah menjabat sebagai anggota DPRD di Kabupaten Rembang selama 7 tahun. Setelah periode tugasnya berakhir, ia mulai berkonsentrasi mengurus pondok pesantrennya. Ia juga pernah menjadi anggoyta MPR RI mewakil Jawa Tengah selama tiga periode.

Peristiwa Bersejarah Islam Berkaitan dengan Meninggal Pada hari Selasa

1. Wafatnya Nabi Zakaria A S


Setelah Nabi Yahya AS, Nabi Zakaria AS menemui ajal di tangan kaumnya sendiri yakni Bani Israil. Riwayat Islam mencatat, Nabi Zakaria AS dikisahkan berhasil melarikan diri dari kelompok yang dikirim untuk membunuhnya.

Dalam pengelanaannya, Nabi Zakaria AS disembunyikan di dalam batang suatu tanaman atas izin Allah SWT. Namun persembunyian Nabi Zakaria AS diketahui setan yang membisikannya pada kaum Bani Israil. Kaum tersebut lantas memotong tanaman beserta Nabi Zakaria AS yang berada di dalamnya.

2. Berpulangnya Siti Khadijah


Istri Nabi Muhammad SAW yang pertama, Siti Khadijah, merupakan sosok penting dalam Sejarah Islam. Ia adalah wanita pertama yang menyatakan keimanan pada Allah SWT dan Rasulnya serta mendukung penuh perjuangan terkait Islam. Semasa hidupnya memiliki peran figur yang sangat dihormati penduduk Mekah.

Siti Khadijah dijuluki dengan sebutan At-Tahira yang berarti suci atau Amirat Quraysh yang bermakna Putri Quraysh. Dia terkenal dengan kebijakan dan kecerdasannya sampai beliau berhasil memimpin usaha perdagangan. Siti Khadijah berpulang ke rahmatullah pada tahun 619 M pada usia 64 atau 65 tahun, tidak jauh berselang dengan paman Nabi Muhammad SAW Abu Thalib.

3. Meninggalnya Nabi Jirji


Nabi Jirji disebut tinggal di Mosul Irak. Hal ini diketahui dari sebuah bangunan kuil bersejarah yang dibangun pada abad ke-14 di Mosul. Bangunan itu didirikan sebagai penghormatan kepada Nabi Jirji.

Namun daerah yang dibangun pemakaman Quraysh tersebut dihancurkan ISIS dalam suatu serangan yang terjadi pada Juni 2014. Dikutip dari situs Al-Islam, Nabi yang berasal dari Byzantium dan pindah di Palestina kemudian kembali pada kaumnya untuk menerima ajaran Allah SWT.

Sayangnya, kesabaran Nabi Jirji tidak menjadikan Raja Korazana dan pengikutnya mempercayai Allah SWT. Raja justru memerintahkan untuk mengusir dan membunuh Nabi Jirji di luar wilayah kekuasaannya di Syria. Sebelum meninggal, Nabi Jirji berdoa daan berharap jika Allah SWT hendak membinasakan kaum tersebut maka bagi mereka yang beribadah dan mengingat-Nya jangan sampai menerima adzab.

4. Terbunuhnya Nabi Yahya AS


Riwayat Islam mencatat kematian salah seorang utusan Allah SWT, yakni Nabi Yahya AS, pada hari Selasa. Dikutip oleh situs Alim, Nabi Yahya menentang raja yang hendak melakukan pernikahan sedarah. Penolakan ini tak hanya memancing emosi raja tapi juga keponakan yang akan dinikahinya.

Sang raja yang saat itu sedang menguasai wilayah Palestina itu memerintahkan pembunuhan atas Nabi Yahya AS, hingga wafat pada hari Selasa. Nabi Yahya AS adalah putra Nabi Zakaria AS yang sama-sama ditus untuk Bani Israil. Nabi Zakaria AS diketahui mengalami takdir akhir yang tidak berbeda dengan putranya. 

Demikian pembahasan tentang orang yang meninggal di hari selasa, mari kita berbondong-bondong berbuat kebaikan untuk meraih Surga Allah.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes