INFO TERBARU

Recent

Selasa, 21 September 2021

Jangan Sampai Salah, Nih Doa Orang Meninggal Untuk Laki Laki!


Doa Orang Meninggal Untuk Laki Laki – Kabar duka memang membuat kita bersedih, sebab kita sudah tidak bisa bertemu dengan orang tersebut lagi di dunia. Meskipun kita bersedih, kita tidak boleh berlarut larut dalam kesedihan tersebut dikarenakan semua yang ada pada bumi ini tentu saja akan kembali kepada Allah SWT.

Meskipun sudah tidak bisa bertemu dengan orang yang meninggal ini, kita masih bisa “menyayanginya” loh, salah satunya adalah dengan mendoakan orang yang sudah meninggal ini agar senantiasa ditempatkan di sisi terbaiknya.

Mendoakan Orang Meninggal

Sebagai sesama Muslim ketika ada orang meninggal, kita disarankan untuk ikut mendoakannya. Imam Muslim meriwayatkan bahwa tidak terputus amalan seseorang ketika meninggal ada tiga hal yakni amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh.

Meskipun di sebutkan jika doa tersebut dibacakan oleh anak sholeh namun baik dari pihak keluarga, kerabat, teman, saudara dan tetangga sekitar bisa juga ikut mendoakan orang yang meninggal tersebut.

Doa orang meninggal bagi laki laki dan perempuan itu berbeda pelafalannya. Bagaimana pelafalan doa untuk orang meninggal ini? Berikut adalah bacaan yang bisa dibaca sebagai doa orang yang sudah meninggal baik itu laki laki maupun perempuan.

Doa Orang Meninggal Laki Laki 


Doa Orang Meninggal Perempuan 


Mungkin, Anda juga menanyakan terkait mengapa sih kita harus mendoakan orang yang sudah meninggal? Tujuannya apa? 

Tujuan Mendoakan Orang Meninggal

Orang yang telah meninggal di alam kubur bisa diibaratkan dengan orang yang tenggelam yang meminta pertolongan berupa doa. Dari ilustrasi ini tentu saja sudah jelas jika kita mendoakan  orang yang meninggal untuk memberi pertolongan kepada orang yang meninggal ini.

Orang yang sudah meninggal ini sangat sangat menantikan doa doa dari orang yang menyayanginya dikarenakan bagi mereka doa yang ditujukan untuk dirinya lebih berharga dari pada dunia dan seisinya.

Selain mendoakan orang yang sudah meninggal, ketika ada orang meninggal sebagai sesama Umat Muslim kita juga memiliki kewajiban yang lainnya loh. Berikut ini kewajiban kewajiban kita sebagai sesama Muslim ketika ada orang yang meninggal.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Ada Orang Meninggal?

1. Memejamkan kelopak matanya

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memejamkan kelopak matanya dikarenakan umumnya pandangan orang meninggal akan mengikuti rohnya sehingga tidak mengherankan jika saat meninggal mata orang meninggal tersebut masih terbuka bahkan melotot.

2. Mengikat rahangnya

Hal ini perlu dikarenakan dikhawatirkan orang yang meninggal mulutnya akan membuka dan dimasuki serangga atau hewan kecil karena umumnya orang meninggal tidak bisa menutup mulutnya dengan sempurna karena rohnya sudah tidak ada.

3. Melemaskan persendian jenazah

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah melemaskan persendian pada jenazah. Persendian ini di pergelangan tangan, leher, lutut hingga jari jari. Jika persendian si jenazah sudah kaku bisa menggunakan minyak atau yang lainnya.

4. Menutup sekujur tubuh dengan kain

Kewajiban kita yang keempat ketika ada orang yang meninggal adalah menutup sekujur tubuhnya dengan kain yang memiliki corak. Kewajiban ini berdasarkan Hadist Riwayat Aisyah ra. 

5. Menyegerakan penguburan

Segera lakukan penguburan ketika semuanya sudah siap. Jangan ditunda tunda terlebih dahulu hal ini berdasarkan sabda Rosulluloh SAW yang mengharuskan sesegera mungkin untuk menguburkan jenazah.

Nah itulah pembahasan kita pada kesempatan kali ini semoga saja ulasan di atas mampu menjadi ilmu pengetahuan baru bagi Anda. 


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes