INFO TERBARU

Recent

Rabu, 01 September 2021

Catat! Ini Isi Berkat Mentahan Sederhana yang Pas

Catat! Ini Isi Berkat Mentahan Sederhana yang Pas

Isi Berkat Mentahan Sederhana – Kenduri adalah semacam ngaji dengan "doorprize". Tetapi, ngaji mentahan ini berbeda, karena doorprizenya berupa barang mentah (sembako). Dapat disimpulkan, kenduren dengan membagikan oleh-oleh berkat mentahan merupakan perkembangan modern dari sebuah acara kenduren.

Kenduren merupakan acara syukuran atau dengan kata lain “mberkat” yang dapat diartikan sebagai “membawa pulang berkat berupa makanan mentahan.” Yang dilakukan dengan cara mengundang beberapa kerabat dan tetangga. Kemudian berkumpul dan melaksanakan doa bersama.

Ditutup dengan makan bersama dan membagikan berkat (bingkisan berkat mentahan) untuk dibawa pulang. Tujuan utama dari kenduren ini  adalah agar mendapat perlindungan dan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Kenduren juga merupakan salah satu tanda ungkapkan rasa syukur.

Bagi masyarakat Jawa kenduren selalu dilaksanakan hampir di semua acara. Mulai dari khitanan, pernikahan, kematian, kelahiran, menyambut hari atau bulan tertentu, terkait perayaan islam, membuat rumah, membeli kendaraan, dan tentu saja masih banyak lagi.

Dengan adanya kenduren mentahan ini untuk mencegah terjadinya makanan yang akan menjadi mubazir. Walaupun sebenarnya kita tahu, tujuan utamanya adalah agar cepat dan lebih ringkas. Untuk soal anggaran, mentahan memang terlihat lebih boros. Bayangkan saja, ada telur, gula, mie instan, teh, kopi, dan tentunya beras.

Baca Juga : Menu Makanan Tahlilan

Seperti yang terjadi di lingkungan sekitar, ketika akan diadakan kenduren, berkat akan dibagi menjadi dua jenis. Jenis kenduren konvensional dan kenduren berkat mentahan. Alasan dari jenis kenduren konvensional adalah untuk melestarikan tradisi. Untuk yang mentahan, agar tidak malu dengan tetangga, atau dengan kata lain gengsi. Tetapi, pada akhirnya mengambil jalan tengah, dimana tetap memilih berkat mentahan, agar lebih cepat dan simpel. 

Memang, berkat mentahan dinyatakan lebih bermanfaat dan tidak membuat mubazir. Apalagi ketika sedang ada orang meninggal dan harus kenduren. Agar lebih cepat dan tidak merepotkan, maka berkat mentahan yang akan dipilih. Memang dasarnya, berkat mentahan menjadi budaya yang diwajibkan, untuk acara tersebut.

Kenduren mentahan memang sudah menyebar luas dimana-mana. Simpel, mewah, cepat, praktis. Contohnya seperti kenduri surtanah ini, kenduri surtanah adalah kenduri yang dilaksanakan saat ada orang yang meninggal dan sudah dikebumikan. Surtanah diambil dari kata “sur” yang berarti menggusur dan tanah. 

Menurut adat istiadat, kenduri ini dilaksanakan untuk menghormati orang yang telah lama meninggal yang makamnya telah digunakan untuk memakaman orang yang baru saja meninggal dengan cara membagikan bahan-bahan tertentu yang disebut berkat yang dibagikan untuk warga sekitar yang diniatkan sebagai shodaqoh untuk arwah sang jenazah.

Pada intinya kenduri ini dilaksanakan untuk menjaga, merawat kebersamaan dan menjadi alat kontrol sosial yang mampu mempererat kesatuan, bahkan mempersatukan untuk datang dan berdoa secara bersama-sama.

Nilai-Nilai Keislaman Kenduri

1. Berdoa bersama-sama

Karena dalam kenduren dilaksanakan beberapa doa dzikir antara lain untuk orang yang meninggal.

2. Saling berbagi 

Ketika yang punya hajat ingin mengadakan kenduren tentu saja berkat yang diberikan akan bermanfaat bagi orang yang menerimanya, terlebih-lebih orang tersebut memang sangat membutuhkan.

3. Silaturahmi

Dengan dilaksanakannya kenduren, maka banyak orang yang bisa bertemu secara langsung dan berkesempatan untuk silaturahmi antar sesama.

Isi Berkat Mentahan Sederhana

Ketika sedang melaksanakan acara kenduri, pastinya akan menjumpai yang namanya “berkat”. Seperti berkat mentahan ataupun berkat yang sudah matang. Tetapi, jika untuk kenduri peringatan orang meninggal biasanya para tamu yang hadir akan diberikan sebuah berkat mentahan (sembako) yang terdiri dari beberapa macam. Apa saja isinya? Yuk scroll kebawah!

Isi Berkat Mentahan Sederhana

Catat! Ini Isi Berkat Mentahan Sederhana yang Pas


1. Telur

Tentunya sering menjumpai makanan ini. Ya, telur. Anda bisa menggunakannya sebagai berkat mentahan sederhana, ketika sedang melaksanakan acara Islami lainnya. Umumnya telur ini akan disediakan sebanyak 2 butir.

2. Beras

Bahan makanan selanjutnya, yang dapat dijadikan sebagai berkat mentahan yaitu Beras. Anda dapat menyediakannya sebanyak 1 kg untuk dibagikan.

3. Indomie 

Setelah beras, indomie nyatanya cocok dijadikan sebagai berkat mentahan. Dikarenakan sangat praktis dan simpel, yang menjadikan banyak orang yang memilihnya sebagai berkat mentahan ini.

4. Minyak gelas 

Untuk minyak gelas bisa menyajikan dengan takaran 200 ml, dengan takaran sebanyak itu, sangat cocok dimanfaatkan sebagai berkat mentahan sederhana.

5. Teh celup

Sama halnya indomie, teh gelas yang simple dan praktis, cocok digunakan sebagai isi berkat mentahan sederhana. Cukup menyajikan 1 bungkus teh celup sebagai pelengkap isi berkat.

6. Gula Pasir

Bahan sajian ini, sebagai pelengkap untuk teh celup, agar membuatnya manis. Anda cukup sediakan ¼ gula pasir. Karena hanya digunakan sebagai pelengkap. 

7. Kopi

Sama halnya dengan teh, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai isi berkat mentahan sederhana, anda dapat menyajikannya sebanyak 2 sachet. Itu sudah lebih dari cukup.

Itulah penjelasan mengenai kenduren, beserta Isi Berkat Mentahan Sederhana yang dapat anda gunakan sebagai referensi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes