INFO TERBARU

Recent

Rabu, 20 Oktober 2021

Doa Orang Meninggal 40 Hari

Doa Orang Meninggal 40 Hari

Doa Orang Meninggal 40 HariOrang yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami yang namanya kematian. Kematian juga tidak memandang orang yang sudah lansia maupun bayi yang baru lahir karena itu sudah ditakdirkan oleh Allah Swt. Dan tentu saja orang terdekat dan keluarga yang ditinggalkan pasti akan mengalami kesedihan yang cukup mendalam. 

Bagi masyarakat Indonesia yang beragama Islam mengadakan tahlilan untuk mendoakan orang yang meninggal sudah menjadi tradisi turun temurun dari zaman dulu. Doa yang dilakukan biasanya mulai dari hari pertama, ke-7, sampai hari ke-40.

Biasanya tujuan dari kegiatan tahlilan ini adalah untuk mendoakan arwah yang sudah meninggal dihapuskan segala dosanya dan diterima segala amal baiknya yang dilakukan almarhum selama hidup serta bisa mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

Tahlilan ini juga biasanya dilakukan dengan mengundang sodara-sodara terdekat, tetangga, maupun teman dan juga orang terdekat dari almarhum dengan tujuan untuk ikut mendoakan. Dan tahlilan biasanya dilakukan ketika malam hari.

Biasanya urutan doa dalam tahlilan diawali dengan membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca Surat Yasin kemudian baru membaca rangkaian doa-doa tahlil. Untuk urut-urutan doa tahlil adalah sebagai berikut:

1. Baca Surat Al Ikhlas 3 kali
2. Tahlil dan takbir
3. Surat Al Falaq
4. Tahlil dan takbir
5. Surat An Nas
6. Tahlil dan takbir
7. Awal Surat Al Baqarah
8. Surat Al Baqarah ayat 163
9. Ayat Kursi
10. Membaca Istigfar sebanyak 3 kali
11. Hadist keutamaan tahlil
12. Membaca kalimat tahlil sebanyak 33 kali
13. Membaca sholawat Nabi sebanyak 2 kali
14. Membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali
15. Membaca sholawat Nabi sebanyak 3 kali
16. Surat Al Ahzat ayat 56
17. Membaca Surat Al Fatihah sebagai penutup



Doa Orang Meninggal 40 Hari

Doa tahlil untuk memperingati kematian orang meninggal ke-40 hari memiliki tujuan agar bacaan Al-Quran dan bacaan dzikir yang kita baca bisa menjadi tambahan amal kebaikan bagi orang yang sudah meninggal. Tidak hanya tambahan amal tetapi juga memuat doa untuk permohonan ampun pada Tuhan untuk arwah yang meninggal.

Selain mendoakan arwah yang sudah meninggal tahlilan juga bisa sebagai penghibur bagi keluarga yang ditinggalkan. Karena biasanya selesai tahlilan orang-orang yang ikut tahlilan tidak langsung pulang tetapi biasanya saling mengobrol dan bercengkrama terlebih dahulu.


Doa Orang Meninggal 40 Hari


Yang di atas adalah doa yang dibaca ketika kita mendoakan dan datang untung memperingati 40 hari orang meninggal.
 
Sebagai pengingat dari saya marilah kita selalu senantiasa bahwa kematian pasti akan datang menghampiri kita supaya kita selalu senantiasa berbuat hal baik untuk diri kita sendiri maupun ke orang lain sesuai dengan anjuran yang terkandung dalam Al Quran dan juga hadits Rasulullah SAW.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes