INFO TERBARU

Recent

Selasa, 12 Oktober 2021

Ini Dia Doa Untuk Orang Meninggal 100 Hari!!!

Doa Untuk Orang Meninggal 100 Hari – Kematian adalah sesuatu yang tidak bisa kita ketahui kapan datangnya namun kematian merupakan sesuatu yang pasti dan akan “hinggap” di seluruh makhluk yang ada di dunia ini.

Ini Dia Doa Untuk Orang Meninggal 100 Hari!!!


Sebagai sesama manusia, ada beberapa hal yang harus kita lakukan ketika ada orang yang meninggal. Apa sajakah hal hal tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak hal yang harus kita lakukan ketika ada orang yang meninggal.


Beberapa Hal yang Harus Kita Lakukan Ketika Ada Orang Meninggal


1. Memejamkan kelopak matanya

Pertama kali yang harus dilakukan ketika ada orang yang sudah meninggal adalah memejamkan kelopak matanya. Hal ini dilakukan karena pada umumnya pandangan mata mengikuti keluarnya ruh jadi sangat wajar jika seorang meninggal dengan keadaan yang melotot.


2. Mengikat rahangnya

Ketika ada orang yang meninggal, kita juga disarankan untuk mengikat rahangnya dengan kain yang lembut dan sedikit lebar serta agak panjang. Mengikat rahang jenazah diperlukan karena jika tidak, mulut jenazah akan terbuka dan dikhawatirkan akan ada hewan hewan yang hinggap masuk ke dalam mulut.


3. Melemaskan persendian jenazah

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah melemaskan persendian jenazah seperti persendian pada pergelangan tangan, jari jari, kaki serta pinggang. Jika tubuh jenazah sudah mulai kaku bisa menggunakan alat bantu seperti minyak dan lain sebagainya.


4. Melepaskan pakaian yang dipakainya

Jika pakaian sudah dilepas semuanya dari tubuh si jenazah maka jenazah dipakaikan kain yang menutup seluruh tubuhnya. Pakaian yang dipakai jenazah umumnya berbau keringat dan dapat membuat jenazah jadi cepat bau busuk.


5. Membebaskan segala macam tanggungan utang dan yang lainnya

Alangkah baiknya jika seorang yang sudah meninggal pihak keluarganya cepat cepat melunasi segala tanggungan – tanggungan yang dimiliki sehingga ketika meninggal tidak membawa hutang.


6. Segera diurusi

Urusilah jenazah sesegera mungkin. Rosululloh sendiri menganjurkan untuk tidak menunda-nunda jenazah untuk segera dimandikan, dikafani dan dikuburkan. Hal ini sudah termuat dengan jelas di HR Tirmidzi.


Nah itulah beberapa hal yang harus dilakukan ketika ada orang yang meninggal. Salah satu tradisi yang sering dilakukan ketika ada orang meninggal adalah dengan mengadakan tahlilan.


Tahlilan, Tradisi Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal


Tahlilan merupakan salah satu tradisi yang sangat melekat terutama di Tanah Jawa yang bertujuan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Tradisi ini umumnya dilakukan pada hari pertama hingga hari ke tujuh ketika ada orang meninggal, hari ke 40, hari ke 100, dan hari ke 1000.


Tahlilan ini memiliki niat yang sangat mulia karena selain mendoakan orang yang sudah meninggal juga bertujuan untuk menghibur anggota keluarga yang ditinggalkan. 


Karena pada acara inti ini kita mendoakan orang yang sudah meninggal, pastinya ada doa khusus yang dipanjatkan dong. Doa yang dipanjatkan untuk orang meninggal 100 hari umumnya melafadzkan beberapa hal seperti :


Doa Untuk Orang Meninggal 100 Hari


Ini Dia Doa Untuk Orang Meninggal 100 Hari!!!


Nah itulah doa yang dilafadzkan ketika kita menghadiri peringatan 100 hari orang meninggal. Marilah kita sama sama untuk mengingat kematian agar kita senantiasa melakukan hal hal baik yang sesuai dengan ajaran ajaran yang dilakukan oleh Rosulloloh.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes