INFO TERBARU

Recent

Selasa, 16 November 2021

Apakah Orang Yang Mati Syahid Langsung Masuk Surga?

Apakah Orang Yang Mati Syahid Langsung Masuk Surga -  Kematian merupakan suatu hal yang akan dialami oleh setiap mahluk di dunia yang bernyawa. Kematian merupakan kehidupan yang abadi dan sesungguhnya. Nah salah satunya mati syahid. Apakah kalian sudah pernah mendengar istilah mati syahid?

Mati Syahid

Apakah Orang Yang Mati Syahid Langsung Masuk Surga?
Mati Syahid merupakan suatu kondisi seseorang ketika meninggal dunia dalam keadaan yang terpuji dijalan Allah SWT. banyak yang mengaitkan bahwa mati syahid yakni ketika sedang di medan perang, ternyata tidak hanya itu lhoo! Nah berikut ini beberapa Kriteria Mati Syahid merunut (HR.Muslim) :


  • Orang yang gugur dalam medan perang 
  • Orang yang mati dijalan Allah SWT
  • Orang yang ditimpa wabah
  • Orang yang mati karena sakit perut 
  • Orang yang mati karena tengelam

Nah itu beberapa yang termasuk dalam kriteria mati syahid. Selain itu, orang yang meninggal dunia dalam keadaan mati syahid memiliki beberapa keutamaan lho, kalian sudah mengerti belum nih? Yappp ada 6 keutamaan yang akan menanti orang yang mati syahid yang dijelaskan dalam (HR. At-tirmidzi dan Ibnu Majah): 


  • Yang pertama, orang yang mati syahid akan diampuni segala dosanya setelah datang kematiannya. 
  • Orang yang mati syahid akan segera diperlihatkan tempat tinggalnya disurga. 
  • Orang yang mati syahid akan dijaga dan di hindari dari siksaan api neraka, tetap dijaga dengan keadaan aman dan terhindar dari rasa takut ketika dibangkitkan dari kubur.
  • Orang yang mati syahid akan diberikan mahkota kemuliaan yang luar biasa indahnya disuga nanti. 
  • Orang yang mati syahid akan dinikahkan dengan 72 bidadari surga.
  • Orang yang mati syahid akan diberikan hak untuk memberikan syafaat yang bisa mengeluarkan orang dari neraka dan memasukan ke surga kepada 70 keluarga, tetangga atau kerabatnya. 
     

Itu merupakan beberapa keutamaan orang yang mengalami mati syahid. Hmm apakah orang yang mati syahid langsung masuk surga? Banyak sekali yang bertanya-tanya soal itu? Menurut kalian bagaimana? Untuk yang ingin tahu jawabanya simak ulasan berikut ya!


Apakah Orang yang Mati Syahid Langsung Masuk Surga?


Meninggal dunia dalam keadaan baik atau disebut juga mati syahid merupakan sebuah impian semua orang yang bernyawa berharap agar langsung dapat kenikmatan dari Allah SWT di surga kelak. Hmm namun siapa sangka, orang yang mati syahid langsung masuk ke dalam surga? Ternyata mereka juga sama akan di hisab terlebih dahulu segala amal kebaikan dan keburukanya selama didunia. 

Apakah Orang Yang Mati Syahid Langsung Masuk Surga?

Semua perbuataan yang dilakukan didunia merupakan suatu pertanggung jawaban diakhirat kelak. Maka jika orang mati syahid masih memiliki dosa apakah bisa langsung masuk surga? Sebagaimana dikutip dalam kitab Asbabul Wurub : 


Sebagaimana yang dikatakan oleh umar, pada perang khaibar sebagian sahabat Rasulullah SAW ada yang terbunuh. Mereka berkata “si fulan syahid” kemudian mereka lewat lagi kepada yang lain, mereka bertanya lagi “dia syahid” . Dengan mendengera itu Rasulullah SAW bersabda “Tidak, aku melihatnya dikarenakan kain selimut yang dicuri atau dirampasnya ketika di dunia.


Kemudian Rasulullah SAW melanjutkan, “Wahai ibnu Khattab, pergilah dan serukan kepada manusia bahwa sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang beriman.” 


Kemudian Ibnu Khattab menyerukan kata-kata yang diucapkan oleh Rasulullah SAW.

 

Hadist diatas menjelaskan tentanng pentingnya menjaga hubungan baik kepada sesama mahluk hidup terutama sesama manusia. Lewat hadist ini juga, Nabi mengingatkan betapa dosa kepada sesama manusia tidak bisa dianggap remeh. 


Sudah terbukti saat seorang mendapatkan pahala ketika mati syahid, hal itu tidak bisa mengantarkannya masuk kedalam surga secara langsung. Kenapa? Karena ia masih terganjal dengan dosa terhadap sesama manusia yang belum terselesaikan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dosa terbagi menjadi dua yaitu dosa terhadap sesama manusia dan dosa kepada Allah SWT. 


Baca Juga : Apakah Benar Orang Meninggal 7 Hari Masih Dirumah


Hmmm setelah kalian mengetahui tentang mati syahid diatas, apakah kalian sudah menemukan jawaban tentang “apakah orang yang mati syahid langsung masuk surga?” jadi kesimpulanya adalah  orang yang mati syahid walaupun mendapatkan pahala tapi hanya orang-orang yang beriman yang akan bisa masuk kedalam surga. 


Pelajaran yang harus kalian ambil yaitu perbaiki diri semasa didunia jangan sampai saat ajal menjemput kalian belum bertaubat. Semoga ulasan yang diberikan tadi bermanfaat yaa!!

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes