INFO TERBARU

Recent

Selasa, 09 November 2021

Orang Mati Syahid Bisa Memberi Syafaat? Berikut ini penjelasanya!!

Orang Mati Syahid Bisa Memberi Syafaat – Kematian merupakan sesuatu hal yang akan dialami oleh setiap mahluk hidup di Dunia. Kematian itu sendiri dapat diartikan sebagai berhentinya detak jantung, berhentinya tekanan aliran darah dan berhentinya proses pernafasan.  Tidak ada seorang pun yang tahu kapan mereka akan meninggalkan dunia.  

Keutamaan dan Kriteria Mati Syahid

Mati Syahid

Nah pernahkah kalian mendengar istilah mati syahid? Mati syahid merupakan kondisi ketika seseorang yang telah meninggal dunia dalam keadaan terpuji dimata Allah SWT. Mati syahid berasal dari kata “Syahida” yang memiliki arti yaitu hadir dan menyaksikan, baik menggunakan mata batin maupun dengan mata lahir itu. Sedangkan syahid berarti saksi atau orang yang sedang menyaksikan sesuatu hal.

Meninggal dalam keadaan mati syahid dapat dilihat dari berbagai golongan yang telah tercantum dalam firman dan hadist Rasulullah SAW.Bahkan banyak sekali keutamaan yang dapat diperoleh dari mati syahid.  Apa saja kriteria dan keutamaan itu? Yuk simak ulasan berikut ini yaaa!


Keutamaan Mati Syahid

Ada 6 keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang mati syahid hal ini secara jelas dikemukakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut ini : 

Rasulullah SAW bersabda : Orang yang mati dalam keadaan syahid akan diberikan 6 keutamaan di sisi Allah SWT ; dosa yang diampuni sejak awal kematianya, diperlihatkan tempatnya nanti di surga, dijaga dari kejamnya siksa kubur, diberikan keamanan serta kenyamanan dari sebuah ketakutan yang besar saat dibangkitkan dari kubur, diberikan mahkota kemuliaan yang satu permata darinya lebih baik dari dunia seisinya, dinihkah kan dengan tujuh puluh dua bidadari serta akan diberi hak untuk memberikannya syafaat kepada tujuh puluh orang dari keluarganya” ( HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Itu merupakan hadist yang menjelaskan tentang keutamaan dalam mati syahid. Menurut Ar-Raghib Al-Ashfahani orang yang mati dalam keadaan syahid yang hendak akan sakaratul maut akan mengalami seperti berikut ini: 

• Dia menyaksikan para malaikat turun dan seraya mengatakan, “Janganlah dirimu merasakan takut dan sedih serta merasa bergembiralah dirimu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah SWT kepada mu” (QS.Fushshilat, 41:30)

“Dia melihat berbagai macam nikmat di akhirat yang telah Allah SWT janjikan kepada dirinya.” (QS. Al-Hadid, 57:19)

“Ia bisa melihat dan menyaksikan ruhnya tetap hidup dan berada di sisi Allah SWT" (QS. Ali’Imran, 3:16)

Dengan demikian mati syahid  adalah orang yang sebelum meninggal dunia bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan setelah mati ia menyaksikan bahwa semua yang Allah janjikan itu memang benar. Hmm Nah siapakah orang yang termasuk dalam kategori sebagai mati syahid? Yuk simak yaa!



Orang Mati Syahid Bisa Memberi Syafaat


Kriteria mati syahid

Hmm kalian pasti pernah mendengar kan bahwa orang yang mengalami mati syahid merupakan orang yang mati dalam perang saja? Nampaknya bukan hanya itu lho guys! Masih ada tujuh golongan orang yang dapat dikategorikan sebagai orang yang mati syahid. 

Gambaran orang-orang yang diklasifikasikan ke dalam orang yang mati syahid sebagaimana seperti yang diriwayatkan oleh Hadist Riwayat Muslim yaitu: 

1. Orang yang gugur dimedan perang

Orang yang gugur di medan perang, mereka memiliki keistimewaan sebagaimana yang dicantumkan dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad. 

2. Orang yang mati dijalan Allah SWT

Yang dimaksudkan ialah orang yang mati sedang menuntut ilmu, meniggal karena kecelakaan saat di perjalanan dakwah, wafat saat sedang berceramah tentang agama, mati saat sedang menjalankan rapat dakwah.

3. Orang yang ditimpa wabah

Orang yang terkena wabah penyakit juga termasuk ke dalam bagian mati syahid lho. Walaupun meninggal karena wabah penyakit tidak dimandikan karena dapat memperluas penyebaran virus, oleh karena itu namun jenazah tetap disholatkan sebagai mana mestinya dalam ketentuan diagama islam

4. Orang yang mati karena sakit perut 

Hmm jangan anggap remeh yaa! Salah satu golongan orang mati syahid yaitu mereka yang meninggal karena sakit perut. Sakit perut ini biasanya terjadi karena penganiayaan maupun sikap zhalim yang dilakukan oleh orang lain.

5. Orang yang mati karena tenggelam

Dalam hal ini orang yang mati karena tenggelam termasuk dalam bagian mati syahid. Mereka yang mengalami mati syahid bukan karena berperang, tetap harus dimandikan dan di sholatkan. Apabila korban tidak ditemukan sebaiknya segeralah lakukan sholat ghoib


Nah setelah kalian mengetahui kategori orang yang termasuk dalam golongan mati syahid semoga sekarang kalian semua jadi tahu ya guys! Untuk selanjutnya orang mati syahid bisa memberikan syafaat? Simak lagi ya guys


Baca Juga : Apakah Benar Orang Meninggal 7 Hari Masih Dirumah


Orang Mati Syahid Bisa Memberi Syafaat?

Dalam Hadist Riwayat Abu Dawud menjelaskan bahwa orang yang mati syahid akan memberikan syafaat bagi 70 orang keluarga atau kerabatnyaa. Nah dari sini sudah jelas kan? orang yang menglamani mati syahid bisa memberikan syafaat kepada 70 orang keluarga atau kerabatnya. 

Setelah kalian mengetahui tentang mati syahid siapa yang tidak menginginkan mati di jalan Allah SWT, semua pasti menginginkan itu.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes