INFO TERBARU

Recent

Rabu, 26 Januari 2022

Nih, Menu Acara 40 Harian Orang Meninggal lengkap!

 

Menu Acara 40 Harian Orang Meninggal? Cek Disini!

Menu Acara 40 Hari Orang Meninggal – Kematian merupakan takdir dari Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada satupun manusia yang tahu kapan kematian akan datang kepadanya.

Setelah adanya kematian, biasanya kerabat atau keluarga terdekat akan menggelar yang namanya Tahlilan. Nah sebelum kita membahas topik utama kita, yuk cari tahu dulu tentang tahlilan.

Simak ulasan berikut ini yaaa


Apa itu Tahlilan?

Tahlilan merupakan tradisi turun-menurun di kalangan masyarakat muslim di Indonesia terutama pada Pulau Jawa, di Pulau Jawa tradisi tahlilan merupakan hal yang harus dilaksanakan setelah kematian seseorang. 

Tradisi tahlilan ini merupakan warisan dari zaman peradaban dahulu lalu diringkas sehingga mengandung islami karena membaca ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran. 

Dengan mengadakan adanya acara tahlilan ini bertujuan untuk mendoakan mayit. Hal ini dilakukan juga supaya amal sholehnya dapat diterima dan diampuni segala dosanya yang telah diperbuat semasa hidupnya. 

Tahlilan biasanya dilaksanakan dari setelah kematian seseorang sampai hari ke-7, kemudian biasanya dilanjutkan pada hari ke-40, ke-100, ke-1 tahun hingga terkadang ada yang sampai hari ke-1000 setelah datangnya kematian. 


Manfaat Diadakanya Tahlilan

  1. Mempererat hubungan  antar tetangga


    Manusia merupakan mahluk sosial, tentu kita membutuhkan orang lain dan tidak hidup sendirian. Misalkan ada musibah yang menimpa rumah kita tentu tetangga kita lah yang menjadi orang pertama yang akan membantu kita. 


    Nah, dengan diadakanya tahlilan maka warga sekitar akan berkumpul. Jadi mengenal satu sama lain, tahu kabar masing-masing dan juga dapat mempererat tali silaturahmi antarwarga. 



  2. Dapat Membantu dan Memperlancar Bacaan Al-Quran


    Dengan adanya acara tahlilan tentu kita akan membaca al-quran bersama-sama dengan para tamu tahlilan. Mungkin buat yang belum fasih dalam membaca al-quran dengan mengikuti tahlilan secara rutin akan membuat lancar dalam membaca. 


    Tidak hanya membantu dan memperlancar bacaan Al-Quran dengan kalian ikut membaca dan mendengarkan kalian juga akan mendapatkan pahala loh. 


Biasanya ketika akan melaksnakan acara tahlilan tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh keluarga, mulai dari waktunya kapan, tempat, bingkisan atau souvenir serta jamuan untuk para tamu.


Menu Acara 40 Harian Orang Meninggal? Cek Disini!

Jamuan Acara Tahlilan

Setelah acara tahlilan selesai, biasanya para tamu undangan akan diberikan makanan dan snack. Nah untuk snack biasanya berupa makanan yang ringan seperti aneka kue atau jajanan pasar. 

Snack juga salah satu jamuan yang harus diperhatikan, pasalnya kalian harus benar-benar memilih jajanan yang disesuaikan dengan para tamu undangan. 

Selain snack, kalian juga harus mempersiapkan minuman dan cuci mulut untuk para tamu. Kalau tamunya kebanyakan bapak-bapak berikan kopi atau teh hangat. 

Untuk pencuci mulutnya kalian bisa memberikan buah-buahan segar seperti semangka, melon ataupun juga bisa berbentuk puding. 

Nah setelah membahas tentang hidangan untuk snack, kali ini saya juga akan membahas tentang menu makanan tahlilan untuk nasi kotak atau makanan berat. 

Nah berikut ini menu makanannya 

Menu acara 40 harian tahlilan

Jika, kalian mengadakan acara tahlilan ingin memberikan makanan berat ada dua pilihan yang pertama kalian bisa memilih prasmanan atau yang sudah disediakan perporsi. 

Nah berikut ini menunya :

Menu pertama

  • Nasi Putih
  • Daging Ayam
  • Telur Ayam
  • Capcay
  • Ketang balado
  • Lalaban dan sambal
  • Tempe goreng

Menu kedua 

  • Nasi Putih
  • Daging Sapi
  • Orek tempe
  • Bihun
  • Sambal goreng kentang
  • Lalaban dan sambal


Baca Juga : Daftar Menu Tahlilan


Untuk acara tahlilan bapak-bapak juga biasanya di sediakan rokok. Untuk jenis atau merek rokoknya tidak ditentukan semampunya saja. 

Nah itulah berbagai macam makanan yang umumnya tersedia pada menu acara tahlilan. Akan tetapi makanan-makanan tersebut hanya sebagai referensi atau contoh dari kami. Menu acara tahlilan masih bisa dikombinasikan sesuai dengan budget dan keinginan masing-masing keluarga. 


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes