INFO TERBARU

Recent

Selasa, 08 Februari 2022

Wajib Tahu! Niat Memandikan Jenazah Laki-laki

Wajib Tahu! Niat Memandikan Jenazah Laki-laki

Niat Memandikan Jenazah Laki-laki - Dalam pandangan Islam, kewajiban memandikan Jenazah kepada setiap umat baik laki-laki maupun perempuan memiliki hukum farfu kifayah, yang berarti apabila sudah di kerjakan maka bersifat gugur.


Perlu di ketahui bahwasanya dalam mengurus jenazah, sedikitnya terdapat empat kewajiban yang perlu dikerjakan oleh setiap muslim kepada orang yang telah meninggal seperti halnya memandikan, mengkafani, mensalati, dan menyemayamkan ke peristirahatan terakhir. 


Dalam pelaksanaannya, bagi setiap umat muslim amat sangat di anjurkan melakukan proses pengurusan jenazah sesuai syari'at dan sunah yang telah di tentukan. 


Wajib Tahu! Niat Memandikan Jenazah Laki-laki

Niat dan ketentuan memandikan jenazah laki-laki

Di sini, kita akan sedikit membahas mengenai tuntunan niat dan beberapa syarat yang perlu di terapkan saat memandikan jenazah terutama jenazah laki-laki. 


Bagi Jenazah laki-laki, cara memandikanya sendiri harus dilakukan oleh laki-laki. Begitu juga dengan jenazah wanita yang harus dimandikan oleh wanita. 


Terkecuali  jika jenazah itu ialah istri dari suaminya ataupun sebaliknya. Hal itu di lakukan untuk menjaga aurat meskipun seorang tersebut telah  meninggal dunia.


Salin itu. Untuk anak yang memiliki usia di bawah 7 tahun, boleh dimandikan oleh laki-laki maupun perempuan. Lebih baiknya lagi jika dalam memandikan jenazah dilakukan oleh seorang yang paham akan ilmu fikih. 


Niat Memandikan Jenazah

Memandikan jenazah merupakan bagian dari ibadah yang memiliki tujuan untuk menghilangkan seluruh hadast besar maupun kecil dari tubuh Jenazah sebelum di wudhukan dan di kafani. 


Maka dari itu, seluruh proses itu harulah diawali dengan membaca niat dahulu agar prosesnya di beri ridhoi dan diberkahi oleh Allah SWT. 

Adapun lafat doa saat memandikan jenazah yang bisa di ucapkan sebagai berikut:


Lafaz niat memandikan jenazah lelaki :


Wajib Tahu! Niat Memandikan Jenazah Laki-laki

Merawat Jenazah Laki-laki 

Selain dari segi bacaan niat yang berbeda dari jenazah perempuan, untuk mengurus jenazah laki-laki juga memiliki sedikit perbedaan dari jenazah perempuan. 


Untuk informasi lebih jelasnya simak cara berikut ini mengenai pengurusan jenazah laki-laki menurut Islam.

Menyiapkan 3-5 utas tali pengikat kain kafan. Kemudian, Beri wewangian pada kain kafan lapis pertama. 


Setelah itu, lentangkan kain kafan lapisan kedua, Beri wewangian pada kain kafan lapis kedua juga. 


Selanjutnya lentangkan kain kafan pada lapisan ketiga.setelah itu beri juga wewangian pada kain kafan lapis ketiga. Kemudian letakan jenazah pada bagian tengah kain kafan lapisan ketiga.


Setelah iti tutup jenazah menggunakan kain kafan dari bagian kanan, di lanjuta dengan bagian kiri. Jika sudah tertutup rapat, lalu ikat kain kafan menggunakan tali yang sudah disiapkan.


Baca Juga : Tata Cara Merawat Jenazah


Demikianlah  lafat niat dan cara mengurus jenazah laki-laki  yang bisa dilafatkan oleh umat muslim untuk memenuhi kewajiban atas Jenazah tersebut sebelum di semayamkan.


Semoga informasi yang tertera di atas memberi manfaat bagi kita semua, wallahua'lam bissawaab!!!


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Souvenir Tahlilan 40, 100, 1000 Hari | +62 813-2666-1515. Designed by OddThemes